Jumat, 29 November 2013

Tugas 5 Bahasa Indonesia



"Buatlah contoh sebuah paragraf:"
1. Generalisasi
2. Analogi
3. Sebab – Akibat (kausalitas)


1. Generalisasi
Untuk menjadi asisten Laboraturium Manajemen Dasar (MADAS) Universitas Gunadarma, syarat utamanya adalah mahasiswa Universitas Gunadarma. Akan tetapi, tidak cukup mahasiswa Universitas Gunadarma saja. Calon asisten harus memiliki Indeks Prestasi minimal 2,75. Calon asisten juga harus menguasai mata kuliah Matematika Dasar 1 & 2, Statistika 1 & 2 dan juga menguasai program – program komputer dengan baik. Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, mereka harus lulus serangkaian tes yang diselenggarakan oleh Laboraturium Manajemen Dasar Universitas Gunadarma. Jadi, memang tidak mudah untuk dapat diterima menjadi asisten Laboraturium Manajemen Dasar Universitas Gunadarma.

2. Analogi
Kendaraan tradisional Andong dan Becak, memiliki fungsi yang sama. Yaitu untuk mengantarkan penumpang ke tempat tujuannya. Perbedaan kendaraan tradisional tersebut terletak pada alat penggeraknya. Kalau, Andong digerakan oleh tenaga hewan (seperti Kuda) lalu diarahkan oleh seorang kusir untuk menjalakannya, sedangkan Becak digerakan oleh tenaga manusia melalui kayuhan kaki, seperti kayuhan sepeda. Kedua kendaraan tradisional ini sangat membantu untuk mengurangi polusi, karena tidak mencemarkan udara / lingkungan. Selain itu, Andong dan Becak dapat melestarikan atau memperkenalkan kendaraan tradisonal jaman dahulu kepada anak – anak jaman sekarang. 

3. Sebab-akibat (kausalitas)
Belakangan ini, diberita sering kali membicarakan pengendara kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang melanggar aturan, menerobos jalus tranjakarta / busway. Dikarenakan tidak ingin terjebak macet, akibatnya mereka nekat untuk menerobos jalur transjakarta. Mereka berfikir, lebih baik melanggar aturan dan menerobos jalur transjakarta dibandingkan harus menikmati kemacetan Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar