Jumat, 12 Oktober 2012

Tips Belajar yang Asyik (^_^)


 PADA SAAT MENGIKUTI PERKULIAHAN

1.Membaca materi yang akan dibahas
Pastikan kamu  mengetahui topik/materi yang akan dibahas dalam pertemuan perkuliahan. Jika telah membaca materi tersebut, kamu akan lebih mudah mengikuti materi yang akan disampaikan dosen (^_^)

2.Datang beberapa menit sebeum kuliah dimulai
Dengan datang lebih awal, kamu akan jauh lebih tenang dan siap mengikuti perkuliahan (^_^)

3.Pilih tempat duduk didepan
Tempat duduk akan membantu dirimu dalam konsentrasi. Jika kamu pilih dibelakang, biasanya akan banyak gangguan. Umumnya mereka yang tidak siap mengikuti perkuliahan akan memilih duduk dibelakang (!!)

4.Matikan HP mu
Ingat “matikan” bukan silence atau quiet mode. HP tidak hanya mengganggu kanan kiri, kelas, tetapi pasti akan mengganggu dirimu sendiri (!!)

5.Konsentrasikan pikiranmu pada kuliah
Buang jauh-jauh pikiran mu yang sering melayang-layang kemana-mana. Selama mengikuti perkuliahan, lupakan aktivitas yang kamu lakukan sebelum kuliah maupun rencana aktivitas setelah kuliah (!!)

6.Jangan sibuk mencatat
Memahami materi itu jauh lebih penting dibandingkan dengan hanya memiliki catatan lengkap. Catatan kuliah dapat anda peroleh dari ringkasan baca buku, copy slide, copy handouts, ataupun copy catatan punya teman (^_^)

7.Ajukan pertanyaan
Ikutilah jalan pikiran dosen. Jika dirimu tidak setuju atau tidak paham dengan apa yang disampaikan dosen, ajukan pertanyaan secara sopan. Jika kamu pendapat lain, sampaikan secara jelas. Jangan takut untuk bertanya. Umumnya mereka yang belajar sebelum kuliah akan memiliki banyak pertanyaan. Sedangkan mereka yang tidak ada persiapan,mereka tidak punya pertanyaan. Tidak bertanya bukan berarti sudah paham, bisa jadi memang tidak tahu apa yang mesti ditanyakan.

8.Jawab pertanyaan
Sering dosen mengajukan pertanyaan dalam menjelaskan suatu materi. Dosen sering mengajak diskusi bersama.Jangan takut salah untuk menjawab pertanyaan itu, jawablah dengan serius. Umumnya dosen tidak akan marah jika jawaban kamu salah, asal dirimu tidak menjawab secara sembrono (^_^)

9.Tunjukan kemampuan dirimu
Kuliah sudah pasti banyak tugas. Kadang tugas dibahas dikelas, atau kadang ada soal dikelas yang harus dikerjakan dikelas. Dalam pembahasan soal tersebut sering dosen menyuruh maju mahasiswa baik secara sukarelaatau ditunjuk. Jangan takut salah, maju saja. (tentu majunya tidak dalam keadaan kosong). Dengan kamu mengerjakan didepan kelas, kamu akan merasa yakin bahwa kamu bisa mengerjakannya. Jika pekerjaanmu ternyata salah, kamu akan terkesan dan kamu tidak akan mengulangi kesalahan tersebut saat ujian nanti.

10.Jangan tunda
Segera lengkap pemahaman kamu dengann membaca ulang materi yang sudah dibahas dikelas tadi, begitu kuliahselesai.


SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar