Sabtu, 12 Oktober 2013

Akuntansi Modal Bank

Pengertian

Adalah hak pemilik bank kepada bank yang bersangkutan, yang merupakan modal awal pada saat pendirian bank yang jumlahnya telah ditetapkan dalam suatu ketentuan atau pendirian bank.
Komponen Modal Bank
Yaitu terdiri dari modal saham yang ditempatkan dan disetor, modal sumbangan, laba ditahan dengan tujuan laba ditahan tanpa tujuan, penilaian kembali aktiva tetap,& modal sumbangan (modal donasi).
Klasifikasi modal bank secara umum menurut George Hempel pada hakekatnya ada tiga kelompok yaitu: 
  • Subordinated debt , yaitu utang kepada pihak lain yang pelunasan nya hanya dapat dilakukan setelah terpenuhinya kewajiban pembayaran kepada kreditur lainnya misalnya penitip dana. Subordinated debt biasanya berbunga, bank akan membayar bunga tertentu di masa mendatang 
  • Preferred stock, yaitu sejumlah dana tertentu yang ditanamkan oleh pemilik saham yang kewajiban untuk membayar dividen dalam jumlah tertentu hanya dapat dilakukan setelah terpenuhinya pembayaran kepada penitip dana ( deposan ) 
  • Common stock, yaitu modal dasar yang dimiliki oleh suatu bank yang biasanya terdiri dari dana saham, harga saham diatas pari,cadangan modal dan laba ditahan.
  • Klasifikasi modal bank menurut otoritas moneter adalah:
  • First tier capital yaitu modal utama yang tertanam di bank tersebut
  • Second tier capital yaitu sejumlah dana modal yang bukan bersumber dari pemilik/pemegang saham bank tersebut.
Fungsi modal bank
1.   Untuk melindungi deposan dengan menangkal semua kerugian usaha perbankan sebagai akibat salah satu atau kombinasi risiko usaha perbankan misalnya terjadinya insolvency dan likuidasi bank. Perlindungan terutama untuk dana yang tidak dijamin oleh pemerintah.
2. Untuk menigkatkan kepercayaan masyarakat berkenaan dengan kemampuan bank untuk memenuhi kewajiban yang telah jatuh tempo dan memberikan keyakinan mengenai kelanjutan operasi bank meskipun terjadi kerugian
3.    Untuk membiayai kebutuhan aktiva tetap seperti gedung, peralatan dan sebagainya
4.     Untuk memenuhi regulasi permodalan yang sehat menurut otoritas moneter

Prinsip dasar manajemen modal bank
Prinsip manajemen modal akan tercermin dari langkah-langkah dalam memperhitungkan kebutuhan modal yang memadai, yaitu :

1. Menyusun Rencana Keuangan Secara Menyeluruh
Dalam penetuan modal bank perlu perencanaan menyeluruh terhadap aspek keuangan bank. Proses perencanaan tersebut dimulai dari analisis kinerja bank yang bersangkutan. Kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan perlu menjadi pertimbangan manajemen bank. Dalam hal ini bank perlu mengidentifikasikan variable-variabel pokok yang dianggap sangat vital dalam operasional bank. Variabel vital tersebut umumnya berupa perkiraan penghimpunan dana pihak ketiga yang dapat dihimpun dari masyarakat misalnya tabungan, giro, deposito, dan kewajiban segera lainnya.Variabel lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas sumber daya manusia yang akan menggerakkan bank. Kemampuan sumber daya manusia di bank tersebut perlu dipersiapkan.

2. Modal bank yang optimal atau memadai
Penentuan modal bank yang memadai adalah pekerjaan yang tidak mudah. Dalam perspektif teori keuangan, posisi modal bank itu bias dilihat dari posisi leverage nya. Hal ini bias dipahami karena karakteristik unik bank itu sangat gearing atau mempunyai leverage yang sangat tinggi atau modal relatif kecil, yang tercermin dari rasio utang terhadap modal. Dalam pandangan ilmu keuangan semakin tinggi utang semakin baik untuk nilai perusahaan, namun pada titik tertentu akan menimbulkan biaya kebangkrutan. Oleh karena itu posisi modal yang optimal diperlukan.

3. Pemenuhan modal dari internal bank
Dengan terpenuhinya modal dari internal maka menunjukkan bank tersebut mampu tumbuh dengan kekuatan sendiri yaitu dari sisa laba bank. Untuk mempertinggi laba bank diperlukan financial leverage. Financial leverage adalah variabel untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam mengelola aktivanya. Rasio yang digunakan adalah leverage multiplier yaitu perbandingan antara total aktiva dengan total modal bank. 


SUMBER:



 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar