Sabtu, 12 Oktober 2013

Tabungan dan Tabungan Berjangka

Tabungan

Menurut Undang-undang No 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan, Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan /atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.

Tujuan Menabung dibank adalah :
  1. Penyisihan sebagian hasil pendapatan nasabah untuk dikumpulkan sebagai cadangan hari depan
  2. Sebagai alat untuk melakukan transaksi bisnis atau usaha individu / kelompok
Sarana Penarikan Tabungan :
  1. Buku Tabungan
  2. Slip penarikan
  3. ATM (Anjungan Tunai Mandiri)
  4. Sarana lainnya (Formulir Transfer, Internet Banking, Mobile Banking, dll)
Perhitungan Bunga Tabungan :

a. Metode Saldo Terendah Besarnya bunga tabungan dihitung dari jumlah saldo terendah pada bulan laporan dikalikan dengan suku bunga per tahun kemudian dikalikan dengan jumlah hari pada bulan laporan dan dibagi dengan jumlah hari dalam satu tahun.
Misalnya untuk menghitung bunga pada bulan Mei, maka besarnya bunga dihitung : Bunga tabungan = .... % * 31/365 * saldo terendah pada bulan Mei

b. Metode Perhitungan Bunga Berdasarkan Saldo Rata-rata Pada metode ini, bunga dalam satu bulan dihitung berdasarkan saldo rata-rata dalam bulan berjalan. Saldo rata-rata dihitung berdasarkan jumlah saldo akhir tabungan setiap hari dalam bulan berjalan, dibagi dengan jumlah hari dalam bulan tersebut.

c. Metode Perhitungan Bunga Berdasarkan Saldo Harian Pada metode ini bunga dihitung dari saldo harian. Bunga tabungan dalam bulan berjalan dihitung dengan menjumlahkan hasil perhitungan bunga setiap harinya.

Faktor-faktor tingkat Tabungan
  1. Tinggi rendahnya pendapatan masyarakat
  2. Tinggi rendahnya suku bunga bank
  3. adanya tingkat kepercayaan terhadap bank
Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka adalah sebuah produk tabungan dari bank, di mana nasabah menyetorkan sejumlah dana yang jumlahnya tetap tiap bulan, selama periode yang sudah ditetapkan. Sedikit mirip asuransi, hanya kalau tabungan berjangka, periodenya relatif singkat. Lamanya menabung dan jumlah dana yang rutin disetorkan bisa diatur sesuka hati, sesuai dengan yang ditawarkan pihak bank. Setelah jatuh tempo, tabungan baru bisa diambil, tentunya dengan bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa.

Keuntungan Tabungan Berjangka:

 Yang pertama adalah Anda ‘dipaksa’ menyisihkan sejumlah dana untuk ditabung. Hal ini berguna jika Anda adalah tipe orang yang lebih suka menghabiskan seluruh pendapatan Anda untuk dikonsumsi, dan seringkali lupa menabung. Dengan membuat perjanjian dengan pihak bank untuk menyetorkan sejumlah uang secara rutin, mau tak mau Anda akan punya tabungan yang bisa berguna untuk masa depan Anda.

Yang kedua, tabungan berjangka bisa jadi pilihan Anda jika Anda tak punya dana yang besar untuk investasi. Ada bank-bank yang menawarkan setoran mulai dari seratus ribu per bulan, dalam jangka waktu mulai dari setahun. Bagi yang punya dana besar juga bisa ikut, misalnya lima juta setahun dalam jangka waktu beberapa tahun. Yang penting adalah nilai tujuan finansial Anda: hendak memperoleh dana sekian rupiah dalam berapa lama? Jika Anda sudah menetapkan angka sekian rupiah per bulan, tetapi seiring berjalannya waktu Anda ingin menambah dananya, negosiasikan saja dengan pihak bank, biasanya mereka fleksibel terhadap perubahan-perubahan semacam itu.

Keuntungan tabungan berjangka yang ketiga adalah mudah dicairkan. Jika tabungan Anda belum mencapai waktu dan jumlah yang disepakati, tetapi Anda terpaksa menariknya karena butuh dana, pihak bank dapat mencairkannya untuk Anda. Tetapi biasanya Anda akan dikenakan denda yang sering disebut ‘biaya administrasi’.

Keuntungan yang keempat adalah Anda bisa mendapatkan kompensasi lebih dalam bentuk asuransi jiwa. Fitur ini banyak ditawarkan oleh bank-bank di Indonesia, jadi cobalah meneliti dan bandingkan beberapa bank yang menawarkan tabungan berjangka, sebelum menetapkan pilihan. Jadi jika Anda meninggal dunia atau mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cacat selama periode menabung, ahli waris Anda dapat memperoleh sejumlah dana sesuai kesepakatan.

Keuntungan terakhir adalah hadiah langsung yang banyak ditawarkan bank-bank. Hadiah langsung ini bervariasi, dan seringkali tergantung dari jumlah besar uang yang akan Anda tabung di tabungan berjangka. Ada yang berupa voucher belanja, televisi, ponsel, MP3 player, dan sebagainya.

SUMBER:


http://id.wikipedia.org/wiki/Tabungan

http://soponiparyasop.wordpress.com/2010/11/21/tabungan-berjangka-lagi-ngetrend-dan-bermanfaat-untuk-investasi-bernilai-kecil/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar